Sabtu, 17 Desember 2011

NILAI MIDSEMESTER Mahasiswa yang sah mengikuti Mata Kuliah Antropobiologi FPsi. Unmuh Jember


NILAI MIDSEMESTER Mahasiswa yang sah mengikuti Mata Kuliah Antropobiologi FPsi. Unmuh Jember

NO.   NAMA  MAHASISWA                   NILAI

1.       Selly Cinandi                              68
2.       Dwi Septa Prihasti                          85
3.       Rini S.M                                  45
4.       Greda AP                                 50
5.       Ajeng Ayu M                             42,5
6.       Tri Lestari                                 60
7.       Nurita Bella Dina                           60
8.       Norma Qosyati M                          50
9.       Ayunda Adiya S                            65
10.   Anis Fitrianingroem                         60
11.   Laela Efani F                               65
12.   Oktafianda TP                              60
13.   Yunita  L.H                               70
14.   Milda Wahyunurida                         55
15.   Aviv Masulah Hasan                         70
16.   Betty Safitri                               45
17.   Rangga Dianugrah K                         60
18.   Jefri Sumarsono                            50
19.   Septi Indarwati                             80
20.   Maya Iva Nirmala                           60
21.   Ahmad Dwi Basit A                          60
22.   Danang Pratama                            70
23.   Anila Wahyu S                              50
24.   Dita Agus Setiawan                          60
25.   Verty Maryam Nor A                         25
26.   Hamid Rudi Hartono                         50
27.   Gian Naviri M                              30
28.   Heru Yudi Parastyo                          50
29.   Meyvita Ade K                             50
30.   Leonardo Prasetyo Kristianto                  80
31.   Akbar Priyono                             25
32.   Saftian Yuga Pramudi                       80
33.   Aziza Ika agustin                           60
34.   Citra Nareswara                           50
35.   Ahmad Alhamdani A                        80
36.   Bilqis Nudhar Nabila                        85
37.   Raudatul Jannah                           25
38.   Tri Angga Yunian                           60
39.   imarina suzan C.                           75
40.   riza muzdhalifah                           70
41.   Sri Triska rahayu                           70
42.   Mohammad Sofiullah                       60
43.   Clara Chintya M.                           70
44.   Suharto                                  70
45.   Laily Qomariah                            90
46.   Nurul aini                                 60
47.   Rossi Ayu. S                               57
48.   Sandi Nanda Sari                           65



Dosen Pembina,
Ir. Hudaini Hasbi,Msc.Agr.
NIDN 196608121990031002

6 komentar:

  1. Nama : NORMA QOSYATI MUASAROH
    NIM : 1110811008

    MASALAH BUDAYA DALAM MASYARAKAT

    Berbicara masalah budaya, Indonesia memiliki beragam budaya. Indonesia merupakan negara kepulauan dan setiap pulau yang dihuni oleh berbagai suku dan ras memiliki kebudayaan sendiri-sendiri, sehingga dengan demikian dapat dikatan bahwa Indonesia kaya akan budaya.
    Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimilki bersama oleh sebuah kelompok.
    Budaya tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangannya kehidupan masyarakat.
    Kebudayaan suatu masyarakat dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah perkembangan teknologi. Tidak perlu jauh-jauh saya melihat teman-teman di Fakultas Psikologi UNMUH Jember, rata-rata handphone teman-teman pasti sudah ada layanan internetnya belum lagi ditambah dengan berbagai aplikasi mulai dari game-game, ebuddy, opera mini, dll. Dan banyak juga teman-teman yang memiliki laptop ataupun netbook, pasti teman-teman juga punya email, facebook, twitter,dll. Perkembangan teknologi memang sangat berpengaruh dengan kebudayaan, saya melihat mulai berkurangan interaksi langsung dengan sesama teman di kampus .Contohnya dikantin kalau kita lihat para mahasiswa yang sedang berkumpul dengan teman-temannya malah pada asik sendiri dengan laptop, netbook dan handphone masing-masing, ada yang sibuk facebook-kan, twitter-ran, sms-san, dll. Dari hal itu dapat timbul masalah baru yaitu kesenjangan sosial. Pasti tidak semua mahasiswa punya laptop ataupun netbook dan dari masalah itu akan timbul lagi masalah yang baru yaitu tindakan mencuri karena rasa iri atau rasa ingin memiliki maka timbul niatan buruk untuk mencuri barang yang diinginkan.
    Misalnya lagi budaya berbusan khususnya bagi para perempuan, saya melihat begitu banyaknya model-model baju, tas dan sepatu saat ini mulai dari model A sampai Z dan dari berbagai merk. Hal ini juga dapat menimbulkan masalah kesenjangan sosial.
    Masalah-masalah budaya yang saya contohkan ini saja dari kalangan mahasiswa UNMUH Jember , apalagi dimasyarakat pasti akan semakin banyak pula masalah yang timbul akibat perkembangan budaya.
    Namun masalah budaya jangan sampai menjadi pemicu kekacauan dan jadikan budaya sebagai keberagaman. Kita hidup dengan sebuah keberbedaan dan keberbedaan itulah yang merupakan variasi kehidupan. Dan bila kita mampu menyikapi keberbedaan itu dengan bijak, maka kita akan mampu melewati seleksi alam.

    BalasHapus
  2. NAMA : VERTY MARYAM NOR ARINI
    NIM : 1110811027


    Didalam ilmu biologi Evolusi adalah suatu perubahan pada sifat-sifat yang terwariskan didalam suatu populasi dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan ini bisa disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi. Sifat-sifat yang akan menjadi dasar suatu evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi.Evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini menjadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.
    Evolusi ini akan didorong oleh dua mekanisme utama, yaitu seleksi alam dan hanyutan genetik. Seleksi alam merupakan sebuah proses yang dapat menyebabkan sifat terwaris yang berguna untuk kelangsungan hidup dan reproduksi organisme menjadi lebih umum dalam suatu populasi - dan sebaliknya, sifat yang merugikan akan lebih berkurang.
    sedangkan hanyutan genetic adalah sebuah proses bebas yang menghasilkan perubahan acak pada sifat suatu populasi. Hanyutan genetik ini dihasilkan oleh probabilitas apakah suatu sifat aka Hanyutan genetika atau ingsut genetik merupakan perubahan frekuensi alel dari satu generasi ke generasi selanjutnya yang terjadi karena alel pada suatu keturunan merupakan sampel acak (random sample) dari orang tuanya; selain itu ia juga terjadi karena peranan probabilitas dalam penentuan apakah suatu individu akan bertahan hidup dan bereproduksi atau tidak.
    Adaptasi merupakan struktur atau perilaku yang meningkatkan fungsi organ tertentu, menyebabkan organisme menjadi lebih baik dalam bertahan hidup dan bereproduksi. Ia diakibatkan oleh kombinasi perubahan acak dalam skala kecil pada sifat organisme secara terus menerus yang diikuti oleh seleksi alam varian yang paling cocok terhadap lingkungannya.
    Kepunahan
    Kepunahan merupakan kejadian hilangnya keseluruhan spesies. Kepunahan bukanlah peristiwa yang tidak umum, karena spesies secara reguler muncul melalui spesiasi dan menghilang melalui kepunahan.

    Asal usul kehidupan
    Asal usul kehidupan merupakan evolusi biologis, namun pemahaman terhadap evolusi yang terjadi seketika organisme muncul dan investigasi bagaimana ini terjadi tidak tergantung pada pemahaman bagaimana kehidupan dimulai.

    BalasHapus
  3. 1. Norma nilai 80
    2. Vety nilai 70

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  5. NAMA: RINI SAADATUL MAGHFIROH
    NIM: 1110811003

    HUTAN INDONESIA

    Indonesia beruntung karena memiliki hutan yang sangat luas. Bahkan Indonesia mendapat julukan sebagai “ Paru-paru dunia”. Tapi kondisi hutan indonesia makin lama makin memprihatinkan. Hutan yang kita banggakan selama ini ternyata banyak mengalami kerusakan. Ini semua karena ulah manusia yang kurang peduli terhadap hutan yang ada di Indonesia.Indonesia dikenal memiliki hutan hujan tropis yang cukup luas dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan kayu. Mendorong masyarakat individu maupun kelompok mengeksploitasi hasil hutan secara besar-besaran tanpa memikirkan kelestariannya.Eksploitasi hasil hutan biasanya dilakukan secara ilegal seperti melakukan pembalakan liar,perambahan,dan pencurian yang menyebabkan kerusakan hutan bertambah tiap tahunnya. Akibat kerusakan hutan lingkungan mejadi tidak terkendali, banjir terjadi dimana-mana,tanah longsor,dan global warming.
    Hutan sebagai salah satu sumber daya alam yang menjaga,mempertahankan,dan meningkatkan ketersedian air dan kesuburan tanah. Pembalakan liar terjadi dimana-mana yng menyebabkan kerusakan hutan yang tidak terkendali.Kondisi inilah perlu dipahami oleh dan dijadikan salah satu pertimbangan dalam pengambilan kebijaksanaan dan perencanaan penyusunan khusus untuk melindungi hutan indonesia. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini.
    Faktor-faktor yang melatarbelakangi kerusakan hutan
    Banyak masyarakat yang belum memahami dan mengerti arti dari sepetak hutan yang ada disekitarnya. Sehingga menyebabkan masyarakat lalai dan kurang peduli terhadap kelestariannya. Walaupun pembalakan liar terjadi dihadapannya masyarakat tidak menghiraukanya dan cendrung cuek. Padahal seharusnya masyarakat menegur atau melaporkan kejadian tersebut kepada petugas hutan yang ada disekitarnya.
    Cara menjaga,melindungi,dan memperbaiki hutan yang rusak
    Memberi pemahaman khusus terhadap masyarakat tentang pentingnya hutan yang ada di Indonesia. Dan memberi motivasi masyarakat agar mau melindungi hutan dengan cara melaporkan para tersangka pembalakan liar kepada petugas hutan yang ada disekitarnya. Dengan begitu para tersangka pembalakan liar menjadi berkurang dan lama-lama akan menghilang. Sehingga kita dapat memperbaiki hutan Indonesia dengan cara menanam pohon kembali dihutan-hutan yang mengalami kerusakan agar tidak ada lagi bencana alam yang akan terjadi dan tidak ada lagi korban bencana alam.

    BalasHapus
  6. Nama :Tri Lestari
    NIM : 111 081 1006

    Pertumbuhan dan Perkembangan pada manusia
    Pertumbuhan adalah proses perubahan jasmani yang terjadi sampai mencapai kematangan fisik yang bersifat kuantitatif yang dialami oleh individu. Sedangkan perkembangan adalah perubahan individu yang lebih ke arah rohaniah yang menjadi unik untuk setiap individu, karena perkembangan individu berbeda, perkembangan juga memiliki pola-pola tersendiri yang khas yang hanya bisa diamati tanpa bisa diukur. Ada beberapa fase perkembangan yakni Bayi, Anak-anak, Remaja, Dewasa, dan Lansia. Perkembangan manusia dimulai dari bayi hingga dewasa. Pertumbuhan akan terhenti setelah manusa dewasa sampai mencapai usia tertentu. Setelah dewasa manusia akan beranjak memasuki usia lanjut. Saya akan menjelaskan semua fase it,bayi yang belum lahir belum mempunyai gigi, gigi bayi mulai tumbuh akan mengalami pertumbuhan begitu juga bagian tubuh akan bertambah besar, panjang dan kuat. Pada masa balita kekebalan tubuh belum berkembang dengan baik, jadi harus diberi imunisasi biar tidak mudah sakit. Setelah masa balita, manusia akan mengalami masa kanak-kanak (5-10 tahun) pada masa ini manusia mengalami perubahan fisik dan mental yang sangat cepat. Dapat bergerak, berbicara, berpikir dan bersikap. Asupan gizi yang cukup dan lingkungan yang baik sangat di butuhkan masa ini. Pada usia 12-17 tahun, manusia memasuki masa remaja. Pada masa ini tampak perbedaan antara laki-laki dan perempuan, dikarenakan hormon. Pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi manusia terjadi pada masa ini. Setelah remaja, manusia akan mengalami masa dewasa (18 – 40 tahun) yakni puncak perkembangan dan pertumbuhan manusia. Yang memiliki kematangan mental. Setelah dewasa manusia akan beranjak memasuki usia lanjut. Pada masa ini manusia akan mengalami kemunduran fungsi organ-organ tubuh. Yakni pengeroposan tulang dan wajah keriput dan kemampuan bereproduksi juga menurun. Bukan hanya itu penglihatannya mulai kabur dan sulit mendengar. hal-hal lain yang juga menimbulkan tugas-tugas perkembangan adalah: adanya kematangan fisik tertentu pada fase perkembanangan tertentu, adanya dorongan cita-cita psikologis manusia yang sedang berkembang itu sendiri, dan adanya tuntutan kultural masyarakat. Dan ada juga beberapa faktor perkembangan yakni :
    Faktor genetik
    - Faktor keturunan
    Bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan, Menentukan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin, ras, rambut, warna mata, pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti temperamen, Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal.
    Faktor eksternal / lingkungan
    Mempengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan dan Faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya

    BalasHapus